SUBHANALLAH !! MELIHAT KEBESARAN ALLAH SATU-SATUNYA GLETSER ABADI DI INDONESIA

Tags:

Bumi tak pernah kehabisan cara untuk membuat manusia takjub dengan fenomena alamnya. Seperti fenomena bongkahan es atau yang biasa disebut gletser yang ternyata tak hanya bisa ditemukan di daerah beriklim dingin, tapi juga Indonesia yang beriklim tropis.
Ya, Indonesia ternyata punya kawasan gletser abadi. Dan menariknya lagi, kawasan dengan fenomena alam semacam ini hanya ada tiga di dunia, yaitu Gunung Kilimanjaro di Tanzania, Pegunungan Andes di Amerika Selatan, dan satu lagi terletak di Indonesia. Anda tahu di mana?
Keajaiban alam itu hanya bisa Anda saksikan di Taman Nasional Lorentz yang terletak di Papua. Dengan luas wilayah sebesar 2,4 juta ha, Lorentz merupakan kawasan hutan lindung terbesar di Asia Tenggara dengan ekosistem terlengkap mewakili keanekaragaman hayati di Asia Tenggara.
Alamnya membentang dari puncak gunung yang diselimuti salju, hingga membujur ke perairan pesisir pantai dengan hutan bakau dan batas tepi perairan Laut Arafura.
Salah satu kekhasan yang paling menawan dari Taman Nasional Lorentz adalah keberadaan Cartenz Pyramid (4884 m dpl), yang juga diakui sebagai salah satu dari tujuh puncak tertinggi di tujuh benua. Selain itu, terdapat Lembah Baliem, rumah bagi suku kuno yang memiliki tradisi festival perang. Keindahan lembah ini banyak menjadi sorotan wisatawan dunia.
Tak ketinggalan pula Agats, Ibukota Kabupaten Asmat, tempat di mana Suku Asmat tinggal dan menghasilkan kerajinan kayu yang terkenal di dunia. Nama taman nasional ini sendiri diambil dari seorang penjelajah asal Belanda, Hendrikus Albertus Lorentz, yang pernah menjelajah daerah tersebut pada tahun 1909.
Pada tahun 1999, Taman Nasional Lorentz dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO lantaran wilayahnya diakui memiliki formasi vegetasi yang dapat membantu seluruh kebutuhan oksigen di dunia.
Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk menuju Taman Nasional Lorentz. Namun yang paling aman dan direkomendasikan adalah menggunakan transportasi udara.
Saat perjalanan menuju kawasan Lorentz, Anda dianjurkan singgah di Wamena untuk mendapatkan seurat keterangan jalan agar bisa memasuki wilayah konservasi Dinas Kehutanan. Namun apabila Anda melakukan perjalanan dengan agen tur biasanya proses ini sudah diatur oleh agen terkait.
Tersedia beberapa pilihan rute untuk mencapai Taman Nasional Lorentz, yaitu Jakarta-Timika, Jakarta-Biak-Timika, Jakarta-Biak-Wamena, Jakarta-Biak/Jayapura-Timika, Jakarta-Makassar-Timika, Denpasar-Biak-Timika, dan Denpasar-Makassar-Timika.
Dan beberapa maskapai yang melayani rute-rute tersebut adalah Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya Air dan Trigana Air. Nah, Anda yang ingin melihat satu-satunya gletser abadi di Indonesia, segera rencanakan perjalanan Anda ke Taman Nasional Lorentz.
(Sumber: Situs Kemenpar, Indonesia.travel)

HP ANDROID Kamu Memiliki Tampilan Yg Membosankan? : KLIK!! Download Aplikasi 3D Live Wallpaper Parallax Android Gratis

bfuafib

Post a Comment

Lagi Hangat